Tuesday, October 15, 2013

5 Add On Penting Untuk Desainer Web

Hampir setiap hari kita selalu bertemu dengan yang namanya web browser mulai dari firefox, google chrome, safari, opera bahkan internet explorer sekalipun. Ketika kita menemukan sebuah website yang kita anggap menarik, tentu kita ingin mengetahui jenis font, kode warna, bahkan menginginkan untuk melakukan capture tapilan ui dari  website tersebut. Sebenarnya sebagian fungsi yang ada di dalam beberapa add on dapat digantikan dengan cara melakukan inspect elemen, namun bagi sebagaian orang hal yang mudah sangatlah dibutuhkan. Apapun itu hal yang lebih mudah dan efektif lebih cenderung disukai oleh pengguna, contoh saja iphone yang hanya mempunyai 1 tombol ditengah sangat diminati pembeli. Sebailknya provider handphone nokia yang sudah familier dan banyak diminati sejak jaman kita sd dulu malah banyak ditinggalkan oleh pengguna dikarenakan terlalu ribet. Nah oleh karena itu saya mencoba memberikan pilihan 5 Add On Penting Untuk Desainer Web , yang saya gunakan di browser google chrome untuk menjadi acuan teman-teman agar lebih efektif lagi dalam hal bekerja ataupun belajar.
  

1. WhatFont
WhatFont Image

WhatFont merupakan add on chrome yang dapat membantu kita mengetahui jenis font yang digunakan pada sebuah website. Selain itu kita juga akan mengetahui besar kecilnya ukuran font, line-height, dan font-weight nya tidak terkecuali. Berikut ini saya ambil  tulisan dari official web  WhatFont

What is the easiest way to find out the fonts used in a webpage? Firebug and Webkit Inspector are easy enough to use for developers. However, for others, this should not be necessary. With this extension, you could inspect web fonts by just hovering on them. It is that simple and elegant.

It also detects the services used for serving the web fonts. Supports Typekit and Google Font API.
  
 2. Capture Page (Fire Shot)
FireShot


Banyak pilihan menu dari add on yang satu ini, malah boleh saya katakan paling banyak menu pilihan dari semua add on yang saya install. Kita bisa mem-foto atau capture full 1 page website, edit bagian mana yang ingin di capture dan lain sebagainya kemudian kita simpan dengan ekstensi png.  


 3. Awesome Screen Shoot
Sama halnya degan fireshot yang memiliki fungsi untuk meng-capture website, akan tetapi sesuai dengan namanya add on yang satu ini memberikan hasil resolusi capture yang lebih baik dari pesaingnya. 

 4. Responsive Site View
Responsive site view dapat kita gunakan sebagai media untuk testing website resposive di berbagai jenis ukuran layar. Keren deh, untuk yang baru belajar responsve web wajib dicobain. 

 5. Color Zilla
Yang terakhir ini sebenarnya sudah pernah saya bahas di postingan Kode Warna HTML


Itulah postingan saya mengenai "5 Add On Penting Untuk Desainer Web" mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda disini

1 comment:

  1. keren bro... kunjungi juga blog ane... banyak tutorial dan tips2 berguna.. http://seweithotroyman.com/tutorial.html

    ReplyDelete