Sunday, April 21, 2013

Tips Membuat dan Mendesain Website


Tips mendesain web, cara desain web yang baik, web design

Dengan begitu banyak situs-situs baru dan start-up bermunculan setiap hari,, situs web berkualitas tinggi profesional tidak lagi opsional . Jika Anda ingin perusahaan Anda dianggap serius, apalagi menonjol, Anda harus memiliki desain yang baik mengesankan dan profesional.

Namun dalam kenyataannya memang sulit sekali untuk membuat desain website yang WOW banget itu, apalagi bagi yang masih baru mulai membuat website. 

Pentingnya KISS

Kiss, atau "Keep It Simple, Stupid" adalah prinsip suara dalam banyak hal tetapi ini sangat penting untuk merancang situs web pada anggaran. Desain sederhana yang mudah untuk dibuat, sehingga membuat mereka lebih murah dan lebih cepat, tetapi mereka juga lebih berani, lebih mudah diingat dan lebih mudah beradaptasi. Sebuah desain yang benar-benar sederhana akan bekerja sama dengan baik pada smartphone seperti halnya sebuah "monitor layar 24 inci dan akan menonjol dalam pikiran pengguna.

Daripada mencoba untuk menjejalkan segala sesuatu yang mungkin Anda inginkan ke dalam desain, mulai dengan berfokus pada salah satu elemen kunci yang ingin Anda sorot dan membangun sisa situs Anda di sekitar itu. Perlakukan desain Anda seperti Anda akan lampu neon, sesuatu yang menonjol dan hanya dapat membawa pendek, tapi kuat, pesan.

Setelah Anda punya pusat visual yang kuat, yang terbaik untuk juga menjaga sisa tata letak Anda di tempat yang bersih, format yang sederhana dan akrab. Tradisional tata letak dua kolom mungkin adalah format yang paling banyak digunakan dan paling-populer untuk melakukan hal ini. Sebuah tata letak dua kolom dengan sisi kanan bar dan bar navigasi di atas tidak hanya membuat jelas bagi pembaca , tapi merupakan desain yang akrab bagi hampir semua pembaca.

Setelah Anda punya pusat visual dan tata letak yang baik, jangan mendesain situs Anda dengan warna yang redup. Gunakan  warna-warna cerah yang menonjol dan mencoba untuk membatasi diri hanya satu primer dan satu warna sekunder. Menggunakan banyak warna kalem dan kontras halus akan membuat desain Anda sulit untuk dilihat dan membuatnya tampak "abu-abu".

Jika Anda memerlukan bantuan memilih skema warna yang baik, gunakan situs seperti
colourlovers.com untuk membantu Anda memilih skema yang dinamis dan menarik.
Singkatnya, menjaga segala sesuatu yang Anda lakukan efisien, dengan satu titik fokus, satu warna utama, satu warna sekunder, dan satu atau dua kolom layout sederhana untuk sisa konten Anda.

Bantuan bukan kata empat huruf

Jika tidak ada seorang pun di perusahaan Anda adalah seorang desainer Web, maka jangan biarkan (atau membuat) salah satu dari mereka merancang situs Anda. Untuk setiap coder, insinyur atau eksekutif yang menemukan bakat tersembunyi untuk desain situs, seratus akan berjuang, membuang-buang waktu dan mengaduk-aduk pekerjaan berkualitas buruk.

Kesimpulannya jangan pernah memberikan isi halaman  FAQ yang ala kadarnya (simple) , berikan lah sedetail mungkin informasi yang dapat membantu pengguna.


Pentingnya Pembagian Tugas

Maksud saya disini adalah jelas mana saja tugas atau bagian yang anda kerjakan , intinya biasakan jangan mengerjakan sebuah website serabutan. Kecuali anda hanya membuat template desain nya atau 1 bundle desain dan juga convert ke html nya tentu saja sudah include dengan jquery, css , responsive layout dan yang paling penting harus cross di semua browser. Karena jika tampilan nya acak-acakan tidak akan ada yang mau beli bro. 

Oh iya sebelumnya saya menyinggung responsive layout, ya karena sekarang nge trend nya sedang masuk ke responsive layout mas bro jadi mau gak mau kita harus ngikutin. Temen -temen bisa make bootsrap, zurb, atau grid 960 , silahkan googling di internet.


Perhatikan Trend Desain Website Sekarang  

Ini penting sekali , ketika kita salah membuat desain bahkan sudah masuk ke tahap convert html tetapi yang kita buat tidak modern dan tidak mengikuti perkembangan zaman apa yang akan terjadi ? ya betul website yang kita buat gak akan bakalan laku di jual. Sering - sering lah berkunjung ke themeforest.net untuk mengetahui perkembangan desain sekarang.



No comments:

Post a Comment