Wednesday, June 19, 2013

Mengenal Web Desain

Web design, tips , web desain
Web Desain atau Web Design adalah proses dalam menciptakan tampilan website dalam bentuk template PSD ataupun convert langsung ke dalam bentuk HTML. Beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam mendesain website adalah tipografi , tata letak, keharmonisan warna, konten dan juga desain grafis dari website sendiri. Website sendiri dibuat menggunakan bahasa markup yang biasa kita kenal dengan istilah HTML (HyperText Markup Language), dan untuk mengatur website sendiri kita menggunakan CSS (Cascading Style Sheet). Walaupun kita tidak paham mengenai HTML dan CSS masih bisa menjadi seorang desainer web  bermodalkan paham dan mengerti dengan photoshop atau illustrator. Tapi perlu diingat jika di perusahaan itu biasanya web desainer bisa membuat template di PSD lalu convert ke dalam bentuk HTML, namun tidak semua di perusahaan juga harus bisa menguasai HTML dan CSS ada banyak sekali persyaratan di perusahaan yang tidak membutuhkan minimal requirement untuk paham HTML.

Diperusahaan yang seperti ini biasanya teman-teman akan diminta mempunyai desain yang kuat , sehingga kadang akan diminta juga untuk membuat logo suatu perusahaan atau mungkin membua flayer dan banner (serabutan). Oke kembali lagi ke topik utama kita, menurut wikipedia pengertian web desain adalah sebagai berikut :
Perancangan web (web design) adalah istilah umum yang digunakan untuk mencakup bagaimana isi web konten ditampilkan, (biasanya berupa hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web, dengan menggunakan sebuah browser web atau perangkat lunak berbasis web. Tujuan dari web design adalah untuk membuat website—sekumpulan konten online termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada server web / server. Sebuah website dapat berupa sekumpulan teks, gambar, suara dan konten lainnya, serta dapat bersifat interaktif ataupun statis.   
Beberapa alat yang diperlukan untuk merancang atau membangun website antara lain adalah :
1. Editor Gambar
    Bisa mennggunakan adobe photosho, adobe illustrator .
2. Editor Codingan
   Bisa menggunakan netbeans, sublime text, notepad ++ , atau edit plus.


No comments:

Post a Comment