Monday, April 22, 2013

Tes Tampilan Web Menggunakan IE Tester


Ie Tester

Sebagai seorang front end developer kita harus membuat website yang dapat dibuka menggunakan ie , tetapi tidak harus di semua versi . Kita hanya perlu tes di ie versi 8 - 10 saja , karena menurut beberapa sumber yang pernah saya baca ie versi 7 kebawah sudah banyak ditinggalkan penggunanya. Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa kita harus membuat website yang kompetibel dengan internet explorer. Bahkan kita jarang atau tidak pernah menggunakan browser bawaan dari microsoft ini. Padahal kalo kita menggunakan ie masih banyak jquery, css3, dan html5 yang tidak berjalan dengan baik, tapi kenapa mesti harus dan wajib tes pake ie? Saya coba jelasakan sedikit alasan mengapa perlu mengecek tampilan website di internet explorer : 


1. Buatan Microsoft
Kita sudah tau bahwa pengguna sistem operasi terbanyak saat ini adalah windows besutan dari microsoft. Nah kalo di luar negri sana bule-bule banyak yang masih menggunakan browser bawaan dari microsoft, jadi kalo mau jual template di themeforest atau web envato lainnya kita harus mengecek tampilan website di ie. Kecuali kalo website nya cuman buat tugas kuliah aja. Tapi berlu di garis bawahin oleh teman-teman kalo di kantor-kantor cross di semua browser itu udah jadi nilai mutlak, jadi gak ada salahnya mulai dari sekarang belajar css nya lebih giat lagi.   


2. Tuntutan


Seperti yang sudah saya singgung diatas, di dunia kerja hal ini sangat penting. Ketika melamar kerja nanti pasti ditanya ke hal yang sedetail ini juga loh , alasan nya gak jauh-jauh lagi dari yang pertama si bule lagi bule lagi. Sesuai survey yang dilakukan oleh w3school internet explorer masih berada di urutan ke-3 web browser terbanyak yang digunakan di seluruh dunia. Perlu juga diketahui di kebanyakan kantor itu  para customer nya biasanya bule-bule loh.

Kita dapat menggunakan ie tester  sebagai software tester nya. Ie tester adalah sebuah web browser yang diberikan secara gratis untuk memudahkan mengecek tampilan di semua versi internet explorer. Temen-temen bisa download di sini

Berikut ini video tentang ie tester yang mungkin bermanfaat 



2 comments:

  1. Wah makasih gan sangat membantu :-)

    ReplyDelete
  2. sama-sama gan :)
    terima kasih sudah berkunjung

    ReplyDelete