Wednesday, June 19, 2013

Cara Membuat Website

Cara Membuat Website, tips membuat web, membuat web
Kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat website. Sebelum lebih lajut pembahasannya apakah ada yang tau definisi website itu apa? website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung satu dengan lainnya yang berisi file-file berupa kode pemrograman, gambar, suara, video, tulisan atau bahkan animasi. Website biasa digunakan untuk menyampaikan informasi yang ingin dipublikasikan secara luas melalui media internet, sehingga informasi dapat diketahui oleh semua orang di muka bumi ini. Namun seiringnya waktu website mempunyai fungsi lain , antara lain sebagai ecommerce, elearning, majalah online , company profile, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Mari kita bahas bagaimana cara membuat web itu, ada dua opsi pilihan dalam membuat website antara lain sebagai berikut : 


  1. Menggunakan CMS (Content Management System)
CMS adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi  isi dari suatu situs Web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen. Elemen pertama adalah aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA]) dan yang kedua adalah aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA]). Ada banyak jenis-jenis CMS yang bisa kita dapatkan secara gratis di internet, antara lain joomla, wordpress, drupal, dan aura cms. Saya pribadi menyarankan menggunakan wordpress. Wordpress adalah raja baru di ranah Content Management System, banyak para developer berlomba-lomba membuat template CMS yang satu ini. Ada beberapa hal yang membuat para konsumen ataupun developer menyukai wordpress antara lain:

- Urutan ke 2 SEO Friendly terbaik di kategori CMS , nomor satu masih ditempati oleh blogspot.
- Besarnya dukungan dari wordpress.
- Banyaknya plugin dan template gratis.
- Keamanan yang handal.

Jika teman-teman berniat membangun website menggunakan wordpress berikut saya sertakan referensi belajar wordpress bahasa indonesia :1. http://id.wordpress.org/

Untuk ebook juga kalian bisa mendownload kumpulan ebook wordpress disini. Untuk mendownload template wordpress bisa di http://www.nicewordpress.com karena mempunyai banyak pilihan menarik.

   
    2. Koding Sendiri

Memang jika kita mau ambil mudahnya saja tanpa mengamati hal lain pilihan menggunakan CMS adalah jawaban yang tepat, namun jika kalian kuliah di bidang informatika apa mau pake CMS yang tinggal pakai? saya jawab dengan tegas TIDAK! hal yang sangat tidak rasional jika kalian beranggapan seperti itu. Memang   perusahaan juga banyak membutuhkan calon pekerja yang bisa membangun aplikasi menggunakan CMS, namun hal yang perlu kita pertimbangkan antara lain adalah :

Wordpress Juga Koding
Jika tujuan hidup kalian menjadi seorang developer CMS apa mungkin teman-teman hanya mengubah navbar, dan header? haloooo.... kita mahasiswa mas, mbak malu dong sama anak SMK yang udah lebih jago dibandingin kita-kita mahasiswa yang lebih tinggi derajat pendidikannya. Namun terkadang status pendidikan itu tidak terlihat, ketika di dunia kerja yang lebih punya action itu  kebanyakan anak SMK loh. Mohon maaf sebelumnya  dikampus sering saya temui hal yang seperti ini, mahasiswa beranggapan menjadi developer itu hal yang gampang karena sudah terbiasa menerima pesanan website menggunakan wordpress, joomla dan apa pun itu  namanya. Modalnya hanya tau mengubah gambar, navbar, header atau judul web serta menambahkan fungsi-fungsi menggunakan plugin. Apa bisa hal seperti ini kita sebut sebagai web desainer atau front end developer? lanjut kebagian selanjutnya.

Wordpress dibuat pake apa?
Seenggaknya yang perlu kita tau itu adalah  HTML dan CSS, bisa dibayangkan kan kalau seandainya klien minta permintaan yang macem-macem. Misal kita ambil contoh klien pengen mengubah warna background, lebar konten , warna tulisan, jenis font, ukuran font, ngubah tata letak konten dan lain sebaginya. Sedangkan kita hanya mengandalkan template wordpress saja yang udah dari sananya tampilannya kayak gitu, mau gimana coba? mau searching di internet? atau nanya ke forum? oke, bisa masalah kalian teratasi untuk sekali dua kali tapi yang perlu saya tekankan adalah masalah itu akan terus ada dan tidak bisa kita prediksi sebelumnya. Semua hal yang instan itu nggak baik, perlu adanya usaha yang keras dan sering dicoba. Ambil contoh deh mie instant kalo kebanyakan dimakan juga enek dan gak bagus untuk kesehatan, maklum saya alumni anak kosan. Dulu sering ngerasain makan mie tiap tengah malem buat ngakalin biaya waktu masih pacaran dulu. Begitu juga sama dengan CMS , semakin banyak kita menggunakan CMS di setiap projek maka makin banyak menemukan masalah karena yang membuat dari awal bukan kalian. Sehingga lebih sulit untuk dipahami dibandingkan dengan kita membuat web dari awal sendiri, dan ketika sudah mencapai titik jenuh , stuck dan capek kita akan "menyerah"

Jika memang pilihan teman-teman lebih memilih menggunakan CMS tidak ada salahnya, yang menjadi akar permasalahan adalah kemampuan kita dalam meng-custom web. Minimal kita perlu memahami HTML dan CSS, jika sudah paham segera belajar juga HTML5 dan CSS3 lalu lanjut ke javascript dan terakhir responsive design.      

Gimana udah ada niatan buat web dengan cara ngoding sendiri? kalo udah ada saya ucapkan selamat :)  kalian sudah maju 1 langkah lebih awal dibandingkan teman-teman yang lain. Sebelum kita lanjut ada yang mau saya sampaikan terlebih dahulu, semua hal yang bagus itu dimulai dari 0 dan diperlukan sikap pantang menyerah , selalu ingin lebih pintar, tidak mudah putus asa dan juga tidak sombong jika sudah pintar kelak. Mohon maaf sebelumnya jika saya terlihat seperti menggurui, maksud saya bukan kesana. Saya cuma pengen ngebuka mata temen-temen gimana ngeliat kondisi nyata untuk menjadi web developer atau front end developer yang handal. Sebenarnya ada 2 jenis website yang ada di internet, web statis dan web dinamis. Web statis adalah website yang hanya bersifat menampilkan saja, tidak tersambung dengan database sehingga tidak bisa memproses atau mengolah data. Sedangkan Web dinamis  adalah website yang mampu mempermudah pekerjaan manusia, tersambung ke database , dan di dalam nya terdapat proses pengolahan data (insert, update, delete, dsb). Dikarenakan fokus kita lebih ke arah menjadi front end dan web desainer maka kita akan membahas bagaimana cara membuat website statis menggunakan HTML , CSS, dan Jquery.

Adapun hal-hal yang perlu kita kuasai antara lain adalah:
Bahasa Pemrograman
Bahasa yang harus kita kuasai adalah HTML (Hyper Text Markup Languange) , CSS (Cascading Style Sheet), dan Jquery. HTML sebagai bahasa markup untuk membangun website, CSS  sebagai bahasa pemrograman yang mengatur tampilan website mulai dari style sampai tata letak konten, sedangkan jQuery adalah kumpulan plugin javascript yang mampu memberikan efek-efek manarik.

Editor Gambar
Saya pribadi biasa menggunakan photoshop, tetapi selain itu masih banyak editor gambar lain yang bisa membantu mempermudah pekerjaan kita.

Referensi untuk belajar HTML bisa dilihat disini , sedangkan referensi untuk belajar css bisa dilihat disini. Semoga artikel saya dapat membantu teman-teman sekalian, sehingga mempunyai gambaran hal-hal yang diperlukan dalam mebuat website, silahkan tinggalkan komentar jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan atau didiskusikan. 

      
Logo Kulwebs



        

3 comments:

  1. bahas tentang video di HTML 5 dong?
    Gimana caranya biar sebelum kita play video itu, kita bisa liat dulu screenshotnya gitu.
    email me if you can

    ReplyDelete